Mengapa Perlu Sofa?

Sebelum membahas apakah memerlukan sofa atau ngak, mungkin ada baiknya kita mengenal siapa sih si Sofa ini ya friends.

Apa itu Sofa?

Nah, apa sih sofa? istilah sofa di dunia interior merujuk pada perangkat perabot yang disediakan untuk diduduki dan tempat beristirahat secara lebih santai. Jadi perabot yang ini bisa berbentuk kursi atau biasa dinamakan kursi sofa atau juga tempat tidur yang biasanya dikenal dengan nama sofa bed. Karena fungsinya beristirahat secara santai, tentunya dudukan dan posisi sandaran akan berbeda dengan kursi kerja dimana sofa memiliki sandaran yang lebih nyaman dan dudukan juga sering dijumpai yang lebih empuk.

Ada beberapa perabot yang dapat diklasifikasikan sebagai sofa, diantaranya adalah dipan, sofa bed seperti yang disebutkan diatas dan beberapa jenis bangku yang biasa dipakai untuk rebahan. Tidak termasuk bangku ruang tunggu dokter ya friends. Jadi cara mengklasifikasikan perabot sebagai sofa adalah dari sandaran dan dudukannya (seperti disebut diatas).

Fungsi Sofa

Fungsi sofa adalah untuk duduk dan beristirahat. Dibandingkan dengan jenis tempat duduk yang lain, sofa memang selalu menjadi favorit bagi banyak orang. Hal ini karena ketika kita menyebut kata “sofa” maka hal pertama yang terlintas adalah tempat duduk yang nyaman dan empuk. Bener sih friends tapi fungi sofa sebenarnya ada beberapa jenis

Sofa sebagai tempat duduk

Ini adalah fungsi sofa yang paling umum dibenak orang. Kelebihan sofa dibanding tempat duduk lainnya seperti bench, kursi kantor, stool atau yang lain adalah sofa dilengkapi sandaran yang lebih nyaman dan dudukan yang lebih empuk untuk diduduki serta tinggi dudukan yang lebih rendah untuk kenyamanan.

Karena fungsi sofa sebagai tempat duduk yang santai maka kursi sofa ini cocoknya diletakkan di ruang santai seperti ruang keluarga, teras, atau area tempat berkumpul lainnya.

Menaruh sofa di ruang tamu membawa efek kehangatan dan “homey”. Membuat tamu yang bertamu merasa lebih diterima dengan tangan terbuka. Untuk daerah gazebo, teras atau outdoor lainnya, sofa model bed cocok diletakkan dimana. Dengan dudukan yang lebih luas membuat sofa ini mampu menampung banyak orang dan nyaman dipakai sebagai tempat berkumpul.

Sofa sebagai elemen mempercantik ruangan

Karena ukuran yang cukup besar apalagi sofa yang full set dengan kombinasi 3-2-1 seater, sofa sering menjadi pusat design. Oleh karena itu, tidak heran banyak tersedia sofa dengan bentuk hingga corak warna yang sangat beragam. Motif dan tekstur bahan yang beragam sengaja dikeluarkan oleh para designer untuk menjawab kebutuhan estetika sofa saat ditempatkan di ruang.

Sentuhan warna sering menjadi pilihan untuk memberi sentuhan khusus agar design sofa lebih menonjol. Aksesoris seperti bantal atau seat cover dengan warna yang serasi dapat menjadi aksen design warna ruangan. Tips saja, jangan sampai warna sofa bertabrakan dengan warna elemen dinding atau lantai. Maksudnya jangan sama sama berusaha menonjolkan diri. Salah satu elemen design sebaiknya mengalah, jangan sama sama memiliki warna yang terlalu ramai ya friends.

Sofa sebagai elemen interior design

Pernah menjumpai sofa sebagai bagian dari elemen design? Sering di ruang tunggu gate keberangkatan, bench sering dijadikan sebagai elemen partisi memisahkan gate. Sofa juga sama friends. Sofa dapat dijadikan partisi penyekat virtual yang menandakan misalnya ini adalah teritori ruang keluarga dan dibelakang sofa adalah teritori ruang makan misalnya. Hal ini dapat dilakukan karena fungsi sofa itu sendiri yang merepresentasikan fungsi ruang yaitu sebagai kursi santai.

Jenis dan type sofa

Dari segi bentuk, sofa dapat diklasifikasikan lebih jauh. Ada artikel lain yang membahas lebih detail tetapi gambarannya adalah sebagai berikut.

Sofa dengan istilah camelback adalah sofa yang memiliki sandaran atau punggu melengkung seperti camelback. Nama keren lainnya untuk jenis sofa ini adalah sofa serpentine.

Sofa Chesterfield ditandai dengan punggung dan lengan sofa yang memiliki ketinggian yang sama. Design sofa chesterfield saat ini telah menjadi lebih simple sehingga cocok untuk design rumah minimalis.

Club sofa adalah jenis sofa yang paling banyak dikenal orang saat ini. Sofa ini memiliki lengan yang lebih rendah dibanding dengan punggungnya. Model Club Sofa ini telah menjadi model standard untuk “sofa”.

Daybed Sofa adalah type atau jenis sofa modern dan yang paling berbeda dibanding dengan type sofa sebelumnya. Type sofa ini memiliki ruang duduk yang jauh lebih luas sehingga dapat menjadi tempat rebahan. Type sofa ini juga banyak diletakkan sebagai sofa outdoor yang tentunya tekstur atau bahan pelapis sofa adalah bahan anti air.

Selain type atau jenis, sofa juga dapat dikategorikan berdasarkan style sofa, detail sofa termasuk uphostery sofa, rangka hingga harga sofa.

Mengapa perlu adanya sofa?

Sebenarnya telah dijelaskan sekilas diatas, ada beberapa keunggulan sofa yang menjadikan sofa sebagai perabot yang diperlukan.

Sofa sebagai elemen design

Sofa dapat berfungsi sebagai bagian dari elemen design Sofa dengan warna dan jenis sofa yang beragam dapat menjadi focal point elemen design. Sofa juga dapat berfungsi ganda sebagai partisi ruang. Sofa juga dapat sebagai elemen pelengkap ruang terutama saat diletakkan di eksterior sebagai tempat istirahat di teras.

Sofa sebagai tempat istirahat

Hal ini sudah menjadi fungsi utama sofa. Dengan bentuk dan design yang sangat menunjang kenyamanan, kehadiran sofa telah memberikan efek kenyamanan. Hal ini juga menjadi alat relaksasi saat baru tiba dirumah. Bahkan saat ini telah ada sofa yang menggabungkan fungsi refleksi dan fungsi kenyamanan. Sofa refleksi ini umumnya hanya tersedia dalam ukuran 1 seater.

Walaupun demikian, sofa tidak diperlukan oleh para minimalist, kecuali sofa bed dimana sofa dapat berfungsi sebagai ranjang juga. Sofa juga tidak cocok diletakkan di ruangan kecil karena pada umumnya ukuran sofa cukup besar sehingga akan memakan banyak space. Untuk beberapa type apartemen minimalis, sofa sepertinya tidak perlu diadakan karena faktor ruangan. Tetapi jika ruangan cukup mendukung, disarankan agar meletakkan sofa untuk membuat suasana rumah yang lebih welcome dan homey. Demikian ya friends, jangan lupa baca juga artikel lain yang menjelaskan lebih jelas beberapa point yanga ada di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *