Perbandingan Antara Lampu LED Dibanding Lampu Hemat Energy CLF Dan Lampu Incandescent Light Bulb

Perkembangan teknologi dan inovasi teknologi telah membawa banyak dampak baik yang baik maupun yang kurang baik atau negatif. Salah satu dampak positif yang dibawa oleh perkembangan teknologi adalah perbaikan kualitas hidup kita dimana salah satunya adalah perbaikan kesadaran akan kualitas lingkungan hidup dan di rumah kita.

Saat ini, kita seakan akan berlomba menghasilkan produk inovatif yang berorientasi kepada lingkungan. Produk produk hijau, produk hemat energy, produk yang tidak membutuhkan konsumsi bahan bakar dari bumi dan lain sebagainya. Salah satu produk terpenting yang mengalami inovasi ini adalah lampu. Ya, lampu dan kenapa lampu dikatakan sebagai salah satu produk terpenting? Bayangin saja jika tidak ada lampu penerangan di rumah pada malam hari.

Dulu, kita mengenal bola lampu atau istilah resminya incandescent light bulb. Lalu sekitar satu dekade lalu mulai dikenal yang namanya lampu hemat energy atau istilah resminya Compact Fluorescent Lamps (CFL). Beberapa tahun belakangan ini, telah bermunculan banyak lampu yang diklaim lebih hemat energy dibanding CFL yaitu lampu Light Emitting Diodes atau lebih sering dikenal sebagai lampu LED.

Jika ingin membandingkan lampu jenis apa yang paling hemat, maka kita harus mengerti terlebih dahulu acuan pengukuran. Pengukuran menggunakan dua acuan yaitu lumens untuk mengukur tingkat keterangan sebuah lampu listrik dan wattage atau watt untuk mengukur jumlah energy listrik yang diperlukan untuk menyalakan sebuah bola lampu hingga tingkat keterangan atau lumens tertentu.

Jika dikomparasi, jelas lampu LED mengkonsumsi lebih sedikit wattage dibanding CFL maupun lampu incandescent. Hal ini tentunya membuktikan kalau lampu LED lebih hemat energy serta dapat bertahan lebih lama karena jumlah daya yang lebih kecil tentunya menghasilkan panas yang kecil kecil juga dan hal ini dapat memperpanjang komponen lampu LED tersebut.

Bagaimana jika perbandingan dari segi harga? Lampu LED di pasaran dijual dengan harga rata-rata dua kali harga lampu CFL atau hemat energy. Jika demikian, lampu LED tidak hemat disegi biaya. Hitungannya sih benar kalau kita melihat dari sudut pandang one time cost atau pengeluaran diawal. Tetapi, jangan lupa, nyawa lampu LED lebih panjang di banding lampu CFL dan tentunya jauh lebih panjang dibanding lampu pijar. Jadi jika dibandingkan dengan menggunakan kalkulasi harga dibagi umur lampu, lampu LED masih cukup hemat dan efektifitasnya sama dengan lampu CFL.

Jika demikian, kenapa masih banyak yang memilih lampu hemat energy atau CFL? Karena harga yang seperti disebutkan diatas, bisa 2 kali harga CFL untuk daya terang yang sama (atau tingkat lumenitas yang sama). Hal ini wajar karena banyak faktor seperti budget belanja yang telah diatur sedemikian rupa dan lainnya terutama untuk rumah tangga. Tetapi untuk pusat komersial dan industri, telah banyak kita jumpai peralihan ke penggunaan lampu LED karena cost yang lebih hemat jika dibagi dengan panjang umur lampu itu sendiri.

Nah? Berminat untuk mengganti lampu anda ke lampu LED?

Untuk mendapatkan produk dan harga macam-macam lampu LED bisa di website Indotrading.com yang merupakan marketplace terbesar di Indonesia. Indotrading adalah marketplace dimana terdapat ribuan supplier berbagai barang berkumpul dan menjual berbagai macam barang termasuk lampu LED. Jika anda mencari supplier yang jual lampu LED, Indotrading.com merupakan tempat paling tepat. Selain itu, juga terdapat fitur RFQ yang membantu anda mendapatkan penawaran harga dari para supplier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *