Cara Instalasi dan Pemasangan Pipa PPR

Instalasi pipa dan type pipa untuk konstruksi saat ini sudah cukup banyak. Pipa PVC, HDPE, PPR dan mungkin akan ada inovasi material lainnya untuk pipa yang lebih ramah lingkungan. Di artikel ini akan dibahas khusus mengenai Pipa PPR. Pipa PPR merupakan pipa yang umumnya dipergunakan untuk air bersih. Pipa PPR juga diaplikasikan sebagai pengganti pipa besi untuk air bersih panas. Hal ini dikarenakan pipa PPR dapat menahan panas, tidak berkarat dan cukup flexible serta maintenance yang cukup murah.

Pipa PPR banyak juga disarankan untuk dipergunakan jika hendak membangun saluran sanitasi yang baik. Pipa PPR dikenal sebagai pipa yang menggunakan bahan yang cukup ramah lingkungan. Selain itu, pipa PPR juga telah lengkap aksesorisnya sehingga memudahkan saat pengaplikasian.

Selain itu, bahan pipa ini memiliki sifat atau karakteristik peredam yang sangat baik. Kemampuan meredam suara dari saluran air akan membuat suasana rumah yang lebih nyaman karena tidak ada suara fluida yang terkadang memiliki suara seperti ada sesuatu yang berfungsi mengiang bahkan terkadang memberi kesan adanya kebocoran di rumah anda.

Agar dapat memastikan pipa PPR dapat berfungsi maksimal, pemasangan pipa PPR harus benar sejak awal. Pipa PPR berbeda dengan pipa PVC atau pipa besi ataupun pipa lainnya. Cara pemasangan pipa PPR adalah dengan menggunakan heater khusus. Mesin heater khusus ini akan memanaskan dan melelehkan plastik pipa PPR di kedua sisi dan setelah itu, pipa harus cepat disatukan sebelum lelehan plastik pipa PPR mengeras. Proses ini tidak boleh sampai merusak permukaan pipa.

Cukup sederhana sebenarnya, hanya perlu diperhatikan waktu pemanasan pipa. Jika proses pemanasan dan penyatuan dapat dikerjakan dengan baik dan sempurna, tingkat kebocoran akan dapat diminimalisir karena penyambungan pipa melalui proses penyatuan, bukan penyambungan dengan pengeleman.

Seperti disebutkan diatas, pipa PPR memiliki aksesoris pemasangan yang cukup lengkap. Dimulai dari valve hingga kran air, pipa PPR telah cukup mudah untuk diaplikasikan. Faktor kemudahan mendapatkan aksesoris pemasangan adalah hal yang cukup penting dan krusial, karena dengan minimnya aksesoris yang tersedia tentunya juga menghambat proses pemasangan. Selain itu, keunggulan pipa PPR dibanding dengan pipa PVC misalnya adalah fleksibilitas pipa. Berbeda dengan pipa PVC yang cukup kaku, pipa PPR cukup fleksibel walaupun tidak dapat ditekuk secara tajam. Hal ini memberikan kemudahan dan keuntungan yang lebih besar bagi aplikator saat melakukan instalasi.

Kemudahan pemasangan, material yang ramah lingkungan, ketahanan material, fleksibilitas material hingga kemudahan mendapatkan aksesoris dapat menjadikan pertimbangan bagi para pemilik rumah untuk memilih pipa PPR sebagai pilihan utama untuk instalasi pipa.

Untuk mendapatkan dan mencari produk pipa PPR dan aksesorisnya bisa dengan mudah didapatkan di Indotrading.com yaitu marketplace online yang menjual berbagai macam barang dan khususnya pipa PPR. Terdapat ratusan supplier pipa di Indotrading.com termasuk distributor pipa. Terdapat juga fitur permintaan penawaran yang dapat membantu mendapatkan harga penawaran dari member member yang telah bergabung di Indotrading.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *